3 Macam Alat Kesehatan & Fungsinya

Kesehatan bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti apa – apa. Itulah slogan yang biasanya sering kita lihat di mana – mana, baik di rumah sakit, klinik dan juga di pusat layanan kesehatan lainnya. Ada hubungan antara kesehatan dan alat kesehatan. Namun bukan hubungan timbal balik, alat kesehatan berperan untuk mencegah, mendiagnosa, dan juga merawat kesehatan. Pada kesempatan ini, ada sedikit wacana yang ingin penulis sampaikan pada kesempatan ini, yaitu beberapa macam alat kesehatan dan fungsinya.

macam alat kesehatan dan fungsinya

1 – Termometer

Sepertinya kita semua sudah mengetahui alat ini. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Untuk apa alat ini diperlukan, bukankah kita hanya cukup menyentuhnya dengan tangan saja. Mungkin anda benar, tapi sentuhan tangan bersifat relatif dan tidak bisa kita jadikan standar. Karena orang yang satu dengan yang lainnya sangat berbeda. Oleh sebab itu diperlukan alat yang bersifat universal untuk menentukan seberapa nilai demamnya, tinggi, sedang & rendah. Dari situ kita bisa menentukan tindakan apa saja yang perlu dilakukan.

2 – Tensimeter

Disetiap anda berkunjung ke dokter baik di rumah sakit atau klinik, biasnya pertama kali dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Memang salah satu parameter kesehatan yang paling berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia yaitu tekanan darah. Nah, tensimeter ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah manusia. Ada dua jenis tensimter yang ada di pasaran. Yaitu jenis tensimeter manual dan tensimeter digital. Keudanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masiang.

3 – Alat Cek Darah

Mungkin anda yang pernah melakukan cek ini tau bagaimana prosedurnya, namun jarang juga yang mengathui alat apa yang digunakan untuk melakukan cek darah. Ada beberapa mcam alat cek darah, yang digunakan di laboratorium, seperti hematology analyzer yang berfungsi untuk menghitung dan menganalisa jumlah sel – sel darah manusia. Ada juga yang namanya chemistry analyzer, alat ini berfungsi untuk menganalisa unsur – unsur kimia dalam darah. Ada juga alat cek darah portable yang bisa kita gunakan di rumah, namun alat ini hanya bisa digunakan untuk mengukur tiga macam parameter yaitu kolesterol, asam urat dan juga glukosa.

Scroll To Top
%d bloggers like this: