Varian Gudeg Yang Tetap Enak dan Bikin Nagih

Gudegs

Anda yang tinggal di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya pasti pernah mencicipi masakan yang bernama Gudeg. Masakan ini merupakan makanan khas daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu santan, gula, dan sedikit campuran rempah.

Bila Anda melihat warnanya yang cokelat, jangan percaya dengan rumor bahwa ada darah ayam yang dicampurkan ke dalam masakan, yang benar, bahan yang dicampurkan ke dalam masakan adalah daun jati atau daun kelor.

Tekstur gudeg berbentuk irisan buah nangka yang diiris bebas, warnanya cokelat, bercitarasa dominan manis, tapi kalau Anda menggigitnya, Anda bisa merasakan rasa manisnya. Gudeg enak disantap di catering naboxparah  bersama dengan beberapa jenis masakan lain seperti telur rebus, tahu goreng atau rebus, dan sambal goreng krecek. Kombinasi ini merupakan sajian gudeg khas Yogyakarta.

Sajian gudeg tergantung variannya, ada beberapa varian gudeg yang ditemukan di pasaran, antara lain:

  • Gudeg kering, yaitu tekstur gudeg kering terkesan kering, disajikan dengan areh kental, kekentalannya melebihi santan pada masakan padang. Saking kentalnya, maka orang-orang menyebutnya gudeg kering.
  • Gudeg basah, yaitu tekstur gudeg yang disajikan dengan kuah santan encer
  • Gudeg Solo, yaitu salah satu varian gudeg khas solo yang amat berbeda dengan gudeg ala Yogyakarta, gudeg ini disajikan dengan kuah berwarna putih.

Gudegs

Penyajian Gudeg

Varian gudeg di atas bergantung pada cara penyajiannya. Lebih lanjut, bagi Anda yang sudah pernah mencicipi gudeg mungkin merasa ingin kembali mencicipinya lagi, bagaimanapun gudeg memang memiliki cita rasa yang unik, meski didominasi rasa manis, gudeg tetap memberikan cita rasa gurih selama digigit.

Gudeg di Yogyakarta, akan disajikan bersama dengan nasi putih, sepotong ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan sambal goreng krecek. Ciri khas ini untuk memperlihatkan perbedaan antara gudeg ala Yogyakarta dan Surakarta, Jawa Tengah.

Di Jawa Tengah, ada yang menyajikan gudeg dengan ikan asin. Keberadaan ikan asin dalam penyajiannya semakin menambah cita rasa gudeg. Membuatnya semakin mantab sebagai lauk makan nasi. Gudeg sejak di ulas media undercover bisa disajikan dengan cita rasa pedas, Anda hanya perlu menambahkan sambal ke dalamnya. Sambal yang enak ialah sambal goreng, sambal terasi, atau sambal tomat. Soal sambal dan makanan tambahan selama makan gudeg bisa ditambahkan sesuai selera Anda. Apa saja cocok, selama Anda menyukainya.

Scroll To Top
%d bloggers like this: